Perlukah Side Hustle?

Cover image perlukah side hustle?

Untuk orang-orang yang masih mengandalkan atau mungkin bergantung dengan gaji disetiap akhir bulan, kita sering ngerasa kalau apa yang kita dapetin itu kurang. Kita kerja selama sebulan dan kadang ada aja kerjaan yang begitu bikin capek, dan tentu gaji bakal jadi salah satu obat atau penyemangat untuk bertahan sampai gajian berikut nya.

 

Tapi kenapa setiap gajian kadang kita ngerasa kalau gaji yang kita terima kayanya masih kurang banyak, mungkin bukan gue doang yang pernah ngerasa dan mikir kaya gitu.

 

Yang pasti gue gak sendiri, karena gue pun penasaran buat coba nanya ke beberapa temen gue apakah mereka mengalami hal yang sama atau gak. Surprisingly mereka juga ngerasa hal yang sama dan ngebuktiin gue bukan si paling unik yang ngerasain itu seorang diri di dunia ini.

 

Tapi tujuan gue nanya ke mereka adalah gue pengen tau cara apa yang mereka lakukan untuk keluar dari masalah itu, apa sih yang mereka lakuin? Mungkin dengan nanya apa yang mereka lakuin gue juga bisa pake cara yang sama.

 

Biasanya kalau kita coba tanya pendapat soal pendapatan ini, kebanyakan pasti akan rekomen buat ningkatin pendapatan lebih gede lagi.

 

Iya gue ngerti, tapi yang gue cari adalah gimana caranya ningkatin pendapatan supaya lebih gede lagi? Mostly jawaban dari mereka adalah coba untuk ngelakuin Side Hustle atau cari sampingan.


[Baca juga: Apa itu Side Hustle?]

 

Karena gue tau orang-orang yang kerja kantoran sama kaya gue tapi dia punya penghasilan yang lumayan, setelah gue cari tau ternyata mereka ada jualan barang ini dan itu, nawarin jasa ini dan itu yang tentunya dia lakuin itu semua diluar jam kerja.

 

Ngebuat gue kayanya, wahhhh sabi nih. Tampak menggiurkan memang ngeliat orang yang udah berhasil, kaya dia tuh udah mapan banget sekarang, gue pengen kaya dia.

 

Kalau dia ngelakuin Side Hustle bisa sampe banyak uang gitu, perlukah gue juga ngelakuin Side Hustle juga?


apa perlu ngelakuin side hustle juga?

 

Tapi setelah gue coba pikir-pikir, dengan kondisi sekarang yang harus kerja dikantor 8 jam, butuh waktu perjalanan pulang pergi dan gak jarang juga perlu lembur. Waktu dan energi gue udah sangat terkuras untuk pekerjaan dikantor, kaya setengah hari kita udah diambil sama pekerjaan utama. Belum lagi kalau gue butuh waktu untuk explore skill yang sekiranya gue seneng untuk belajar diluar jam kantor.

 

Apa salah kalau ternyata gue cuma fokus pada pekerjaan utama yang gue punya aja?

 

Gue juga sering denger persis kata-kata yang sama tapi dari beberapa orang

 

"ngapain capek-capek kerja cuma bikin kaya orang lain aja"

 

meme ngapain capek-capek kerja cuma bikin kaya orang lain aja

Tapi apa bener kaya gitu? Kayanya jadi sesuatu yang salah kalau gue kerja sama orang lain. Gue perlu tau, emang gue yang salah atau pandangan mereka yang ternyata keliru?

 

Karena realistisnya gue butuh pekerjaan gue yang sekarang, gue butuh uang nya untuk kebutuhan gue sehari-hari. Pastinya alasan ini yang juga jadi latar belakang banyak bertahan untuk tetep kerja.

 

Tapi mungkin kita juga perlu hati-hati dengan apa yang orang bilang di zaman sekarang, karena banyak banget orang yang bisa bilang ini itu tanpa ngelakuin dan nerapin yang mereka selalu gembar gembor. Kadang kenyataan nya berbanding terbalik dan ngebuat kita ngerasa bersalah untuk sesuatu yang sebenernya udah bener buat dilakuin.

 

Antara Side Hustle dan Main Hustle


Antara Side Hustle dan Main Hustle


Pilihan untuk mengerjakan Side Hustle mungkin tidak selama nya salah, begitupun bekerja kantoran atau apapun pekerjaan utama kamu.

 

Karena kalau kita coba liat dari kedua sisi, masing-masing sisi punya orang-orang yang sukses dan berhasilnya masing-masing. Mereka yang berhasil ngeraup banyak keuntungan dari Side Hustle nya dan ada juga orang kantoran yang gaji nya puluhan sampai ratusan juta perbulan.

 

Apapun pilihan nya, kita perlu cari tau dulu dimana kita bisa berkembang? Kalau memang dengan Side Hustle membuat skill kita makin berkembang, gak ada salah nya untuk dicoba. Dan kalau memang dengan bekerja dikantor juga ngebuat kita berkembang, lakuin aja dengan sungguh-sungguh, sebisa dan semaksimal yang kita bisa.

 

Tambahan income gak selalu harus dari Side Hustle, kalau memang potensi vertikal atau tanjakan karir lo masih sangat besar, lo bisa fokus dulu untuk coba sampai sejauh mana lo bisa pergi dari pada memecah fokus lo ke samping kanan kiri untuk tambahan yang mungkin hasilnya cuma sedikit.


meme fokus kerja dibanding side hustle

 

Jangan sampe demi tambahan yang sedikit itu jadi ngeganggu lo dapetin sesuatu yang lebih besar, karena gak baik juga untuk ngelakuin suatu hal setengah-setengah. Dari pada disampingan setengah dan malah ngebuat kerjaan utama juga jadi setengah.

 

Tapi kalau lo memang bisa mengatur waktu dan juga mau konsisten untuk gak berenti ketika ngerjain Side Hustle, prospek dan potensi untuk kemakmuran yang lo cari itu kemungkinan nya juga sangat besar.

 

Kalau emang pada akhirnya Side Hustle yang lo lakuin itu berjalan dengan baik, bisa banget buat jadiin Side Hustle jadi Main Hustle lo yang selanjutnya. Why not?

 

Tapi yang perlu lo pahami dulu, kalau Side Hustle tentunya gak semudah apa yang lo bayangkan karena pada kenyataan nya gak ada yang bisa nebak jalan pasti untuk sukses dan tau masa depan itu kaya gimana.

 

Pasti nya ada aja orang-orang yang tajir bahkan sampai melintir-lintir jadi sultan dari hasil Side Hustle atau bisnis sendiri, tapi jangan lupa kalau yang gagal itu jauh lebih banyak.


Lagian juga banyak dari mereka yang usaha dan ilmu nya itu udah dirintis duluan dari keluarga mereka dan mereka tinggal lanjutin, gak dari nol kaya yang lo lakuin sekarang. Jangan terlena dengan hasil akhir nya aja karena lo gak tau perjalanan mereka sama terjal nya gak dengan apa yang bakal lo laluin.


Jadi, perlukah Side Hustle?


jadi perlukah untuk side hustle?

 

Dan pertanyaan satu juta dollar nya adalah, Perlukah Side Hustle?

 

Jawaban nya ya tergantung ke kondisi lo gimana, coba pahami dulu sebenernya lo lebih berkembang di jalur yang mana dan mana yang paling lo butuhkan. Kadang Side Hustle dan pekerjaan utama bisa jadi sebuah opsi untuk dipilih, tapi kadang juga jadi opsi yang saling melengkapi dan lo bisa lakuin dua-dua nya.

 

Karena lo yang paling tau dengan keadaan lo sendiri, coba kenali diri lo sendiri lebih jauh. Pada akhirnya, jawaban nya gak ada yang salah atau bener karena jalan setiap orang dan pilihan nya akan berbeda. Kalau pilihan lo gimana?

 

Walaupun pada akhirnya bukan jawaban pasti yang lo dapetin disini, tapi gue mau coba bantu pandangan lo supaya lebih luas lagi. Gak terjebak selalu disuatu pilihan yang selalu salah dan pasti benar, karena setiap pilihan punya cerita nya masing-masing.


Buat lo yang sekarang udah mikul Main Hustle dan Side Hustle, kamu ruar biazahhh!


closing image perlukah side hustle

0 Komentar

Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript