Tradisi riuh indonesia di momen hype



Di era teknologi kaya sekarang ini buat nyari berita sangat amat gampang dengan ada nya internet dan social media yang portable alias bisa kita bawa kemana mana, dengan kata lain kita bisa bawa dunia itu sendiri dalam sebuah benda kotak yang hanya berukuran inch. Dengan kemajuan teknologi yang memungkinkan kita berbagi apa aja ke dunia maya yang ada tapi ngga nyata, berbagi informasi dengan real time dan sangat cepat menyebar dan dibaca oleh orang lain. Ya mungkin itu adalah salah satu keuntungan dari teknologi yang canggih tapi dibalik itu juga teknologi mengakibatkan hal yang kurang baik kaya kalau lo itu orang yang share-able banget mungkin itu bisa jadi senjata buat kamu yang dimana data data lo bisa disalah gunain untuk hal hal yang merugikan lo atau juga jadi informasi yang bisa dipake untuk ngelakuin hal jahat ke lo. Selain itu juga ada hal buruk yang dibuat oleh teknologi ini yaitu kebebasan berpendapat dan berkomentar, memang menyampaikan sebuah pendapat yang membangun itu menjadi informasi yang berharga bagi seseorang/sebuah organisasi maupun sebuah company sebagai feedback yang berbeda dengan komentar yang ngalor ngidul yang dimana hampir pasti berujung dengan judge dengan berbagai alasan yang subjektif.

Dengan kecepatan transfer informasi yang cepet banget maka informasi yang terjadi saat itu juga bisa langsung kita tau dan langsung menjadi bahan perbincangan yang sangat ramai dan riuh disana sini. Nah pas ada kejadian yang lagi happening banget entah itu berita baik ataupun berita buruk pasti nyelip komentar komentar beragam dari banyak orang, dari sekedar ngasih tau tentang kejadian itu sendiri, sampe komentar dan kata bijak yang diharapkan menjadi solusi untuk masalah tersebut(mungkin).

Ambil aja contoh yang waktu itu tragedi bom sarinah yang buat aktivitas kampus gue mendadak diliburkan untuk mahasiswa yang belum datang kekampus dan mahasiswa yang dikampus dilarang keluar dari kampus sampai informasi selanjutnya di umumkan. Dari situ gue nyari info apasih yang lagi terjadi, yang dimana gue pun memanfaatkan media sosial karena menurut gue media sosial itu jadi tempat berita yang paling cepet dan lebih akurat dengan bukti bukti screenshot dari orang orang yang berada di kejadian yang ngga langsung jadi reporter, dibanding portal berita berita online yang gue benci karena suka membuat berita dan fakta sendiri yang dimana informasi nya itu ngga bener dan berlebihan walaupun emang gue akuin di media sosial untuk kejadian kaya gini banyak orang yang melebih lebih kan beritanya memanfaatkan moment yang sedang HYPE entah ya untuk “meramaikan suasana” (mungkin menurut dia)  “eksis” di media sosial karena pas kejadian kaya gitu orang Cuma konsentrasi untuk cari berita yang terjadi saat itu gimana dengan mengesampingkan isi eritanya bener atau ngga berita yang dia baca tersebut.
Gue ngambil salah satu contoh ketika teroris sarinah itu ngebom pos polisi dan mulai tuh berita berita nya nyebar kalau ada pos polisi di ledakin sama teroris, gue pun merhatiin berita berita yang seliweran di timeline gue dan gue menemukan berita dari broadcast BBM, twitter, LINE sebagai berikut:
1.        yang bilang teroris nya itu jalan dari sarinah bawa bawa AK-47 dengan ada mobil putih yang ngikutin dia juga dan gue kata kata yang gue inget itu si pelaku teroris lagi jalan jalan ke ke arah mana gitu sambil nembak membabi buta.
2.       Ada 6 lokasi jakarta yang diguncang bom
3.       Teroris sarinah menyebar ke beberapa tempat dan menyebarkan teror di beberapa tempat seperti: Ledakan bom di bekasi, alam sutera, semanggi, palmerah, slipi, cikini,kuningan dan bandung.
4.       Larangan untuk nyantai nyantai atau makan minum di restoran asal amerika

Dan entah kenapa berita berita di tv pun + akun twitter mereka memberitakan sebuah berita HOAX dari TVOne yang memberitakan “terjadi ledakan di beberapa lokasi di jakarta” yang dimana CNN pun memberitakan kembali berita tersebut berdasarkan informasi yang diberikan TVOne yang tertulis “INDONESIA EXPLOSIONS – Attacks took place at several locations” dan juga berita tentang ledakan palmerah slipi dan kuningan. Sama seperti beberapa stasiun tv berita lain dan juga radio yang dimana mereka semua diberikan sanksi oleh KPI.
Semua berita dinyatakan tidak benar / HOAX ketika kepolisian mengeluarkan statement bahwa ledakan bom hanya terjadi di sarinah.

Jadi dari kejadian itu walaupun itu kejadian yang cukup ngeri bagi gue tapi kenapa ada yang membuat suasana malah makin riuh? Kebebasan berpendapat memang bisa kita dapetin di sebuah sosial media ketika ada kejadian seperti itu, entah motif nya apa tapi disamping berita berita yang kurang bener itu ada komentar komentar yang dimana seolah olah ada orang yang mau ngasih tau kalau mereka (orang orang indonesia yang posting tentang bom sarinah ke sosial media) bisa ngebuat nilai tukar rupiah akan melemah dengan menyertakan beberapa alasan kaya pencabutan saham. Entah siapa yang mulai tapi berita itu langsung nyebar di beberapa messenger dan social media tanpa pikir panjang orang orang pun langsung buru buru ngepost ke timeline nya untuk ngasih tau hal tersebut ke teman teman yang ada di messenger dan sosial media nya tanpa mikir itu bener apa ngga. Mungkin hype adalah sesuatu yang “anak anak sosmed” butuhkan untuk jadi bahan post mereka yang dimana ngebuat mungkin (bisa aja salah karena ini pendapat gue) karena ngebuat mereka seneng karena social media mereka rame.

Entah cuma gue yang ngerasa kadang social media yang suka menyebarkan berita yang agak berlebihan ataupun sebuah hype kejadian atau event tertentu yang terkuak ke publik dari bahan pergunjingan yang berasal dari social media? Atau Cuma pikiran gue yang terlalu berlebihan?

Okelah kita tinggalin kasus sarinah nya ya, gue ganti contohnya dengan contoh sekarang yang baru aja kejadian yang mungkin permasalah nya belum clear solusi nya gimana, yap demo sopir taksi.
Diberitakan bahwa banyak supir taksi yang melakukan demo terhadap angkutan berbasis aplikasi untuk mobil dan juga motor. Ada berita yang berisikan tentang driver gojek yang menjadi korban dari kekerasan supir taksi bluebird yang dimana beberapa ada yang luka dan juga udah ada yang terkapar di jalan, ada supir taksi yang bawa machete. Dan tentu teman teman kita bahkan mungkin kamu juga yang ada di social media pasti ngomongin tentang ini, post tentang ini bukan? Mungkin berita ini ngga se “rame” dan ngga se “menggelegar” kejadian bom sarinah tapi ini berita cukup diperbincangkan di dunia maya dan juga berita di tv. Yang jadi fokus gue disini bukan berita bohong nya tapi “komen-nyari-siapa-yang-salah” yang menyalahkan salah satu pihak sebagai angkutan yang kurang memuaskan pelayanan nya dan juga menyalahkan pihak satunya lagi dengan alasan tidak berbadan hukum serta alasan alasan lain yang “sekarep-dewek” belum lagi orang orang yang Cuma asal ikutan komen tanpa tau kejadian nya itu kenapa karena tidak ada batasan dalam mengomentari seseuatu di sosial media. Komen-judge-menyalahkan adalah trio beruntun yang rasanya sering gue liat di sosial media. Kejadian apa-yang ngepost siapa-yang komen siapa-yang ribut juga siapa-yang disalahin juga siapa. Lo pasti tau gimana suasana orang orang dunia maya berdebat, facebook, LINE dll. Ada 1 akun yang mengomentari tentang hal tersebut dan terkadang memberikan solusi yang diselipkan pesan “menyalahkan” dengan menyebutkan alasan nya apa (menurut dia) satu per satu di ikutin dengan komen masing masing dari user lain yang (menurut dia) bener dan mejadi solusi untuk masalah tersebut, dan ujung nya pasti ribut di komen untuk nyari alesan paling bener dan solusi yang paling tepat dengan berargumen dari sana lah dari sini lah, dari UUD lah dari situ lah yang ujung ujung nya biasanya itu kegemaran dan hobi nya nyalahin PEMERINTAH.

Gue cuma mau ngasih pendapat gue yang “mungkin” bisa untuk ngadepin kasus begituan:
1.       Jangan pandang suatu masalah Cuma dari satu sudut pandang aja, coba kalian liat dari sudut pandang lain dari masalah tersebut dan coba bandingin. Karena menurut gue orang orang yang ribut di komen Cuma liat masalah itu Cuma dari sudut pandang mereka masing-masing, wajar kalau mereka adu argumen karena sudut pandang mereka. Kaya orang A liat gunung dari depan yang ngeliat gunung itu tinggi banget dan orang B ngeliat gunung dari pesawat terbang yang ngeliat gunung itu datar banget, selama nya kedua orang itu bakal adu argumen sampe mampus untuk ngeribetin omongan sapa yang paling bener, gunung itu datar atau tinggi sebelum mereka liat dari sudut pandang yang lain yang buat kenapa orang lain bisa ngomong kaya gitu dan setelah itu baru lo bisa bandingin dengan info yang lo dapet jangan Cuma dari satu tempat dan sudut pandang aja.
2.       Coba cari informasi yang valid dari berbagai tempat untuk mastiin dimana akar masalah nya jangan asal jeplak aja apalagi sampe salah salahin orang/organisasi/pemerintah. jangan keluarin informasi sebelum tau dan yakin informasi yang lo dapet itu bisa di pertanggung jawabkan. Kalau lo ngga tau apa apa mending diem dan cukup perhatiin aja.
3.       Jangan selalu salahin pemerintah, pemerintah juga isi nya ngga semua korup atau orang orang yang bikin kebijakan yang bikin kita semua sengsara. Apa apa nyalahin pemerintah padahal salah nya ada di kita. Kaya contoh nya kita ngeluh pemerintah ngga bertanggung jawab untuk menanggulangi banjir yang selalu dialamin warga nya karena selalu buang sampah sembarangan? Untuk demo ini yang di salahin mentri dan presiden.
4.       Kalau mau ngasih solusi jangan pas emosi atau berat sebelah, supaya ngga ada salah info yang di cerna orang lain atas informasi yang lo share itu. Karena belum tentu apa yang lo liat itu bener bener terjadi seperti apa yang lo liat.
5.       Bedain mana fakta mana opini. Gunain fakta untuk membuat opini yang membangun dan jangan gunakan opini untuk merusak dan memutar balikan fakta.
6.       Jangan provokasi


Gue suka sosial media karena gue bisa ngedapetin banyak info dan info nya juga cepat tapi disaat bersamaan gue benci sosial media karena hal hal ini gue kadang ngga percaya dengan informasi yang di sajikan oleh portal berita online dan juga postingan dunia maya yang belum tentu bener. Karena dari pengamatan gue sekarang sosial media lebih cenderung digunakan untuk mencari informasi dibanding komunikasi.

8 Komentar

  1. sebanyak ini agan ngetik sendiri, keren daah pokoknya

    BalasHapus
  2. Nambah ilmu nih tentang adat indonesia

    BalasHapus
  3. Panjang banget gan. Ngetik sendiri kan?? Pasti capek tuh jari nya :D

    BalasHapus
  4. panjang amet gan sampe pegel liatnya tulisan semua hehehhe
    Salam kenal dari simbalisme.blogspot.com

    BalasHapus
  5. haha iya ekonomi semakin sulit , kerukunan dalam bermasyarakat sudah mulai pudar intinya intropeksi diri sendiri aja

    BalasHapus
  6. xixixi memang seharusnya dalam penggunaan sosmed kudu mikir 2 kali kita gan :)

    BalasHapus
  7. panjang banget tulisannya, tapi bermanfaat :)

    BalasHapus

Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript