One of the most epic adventure story, One piece.

Kali ini gue mau cerita tentang sebuah cerita petualangan yang gue suka, cerita petualangan yang dimana orang bisa bebas menentukan apa yang mereka pilih, cerita petualangan dengan banyak hal hal baru. Banyak pelajaran yang bisa gue dapetin dari cerita ini, gue suka ini karena emang cerita nya berbobot bukan karena anime/animasi. Ya gue mau cerita tentang One Piece. Pertama gue mau ngasih tau gue ngga suka tentang anime gue cuma tau naruto sama One Piece karena emang ceritanya bagus banget, gue ngikutin cerita nya dari baca komik dan juga nonton animasi film nya. Terlepas dari itu animasi ataupun film nyata dari hollywood kalau emang ceritanya bagus why not? Beberapa cerita dari hollywood juga banyak yang berawal dari novel juga komik bukan? One piece adalah salah satu cerita yang sangat berbobot serupa dengan cerita lord of the ring ataupun narnia walaupun untuk the lord of the ring dan juga narnia ceritanya banyak yang di potong dari novelnya.

Bagi yang belum tau, cerita One Piece itu cerita tentang bajak yang dimana orang orang mencari kebebasan dan juga bagaimana mereka menggapai mimpi nya entah mimpi mereka berdasarkan masalalu mereka yang buruk ataupun ingin mencapai suatu pulau yang berisikan tentang pulau yang konon katanya terdapat Harta paling berharga yang ditinggal oleh Raja Bajak Laut yaitu judul dari cerita ini ialah “ONE PIECE”. Cerita One Piece ini sangat berbobot dan berkesinambungan dari episode awal sampai paling baru sekarang, cerita yang bisa di sandingkan dengan cerita petualangan yang legendaris dan epic banget menurut gue “The Lord of The Ring”.
Di negara asalnya Jepang, tingginya popularitas One Piece terlihat dari sejumlah rekor yang dipecahkannya. Salah satunya adalah Volume 67 One Piece yang untuk ke-sekian kalinya memecahkan rekor atas namanya sendiri sebagai buku dengan cetakan pertama terbanyak sepanjang masa, yaitu sebanyak 4,05 juta kopi. Jumlah tersebut 1 juta lebih tinggi dari seri ke-5 novel legendaris Harry Potter and The Order of Phoenix yang cetakan pertamanya ‘hanya’ 2,9 juta kopi.

Dari segi penjualan khusus di jepang saja, One Piece menduduki peringkat 1 sebagai manga besutan Shonen Jump paling laris sepanjang masa, yaitu terjual sebanyak 270 juta kopi. Mengikuti pada posisi 2 adalah salah satu manga legendaris Jepang, yaitu Dragon Ball dengan 150 juta kopi.
Terus apasih aspek atau alasan yang buat One Piece itu menarik?


1.       Serious but Fun

Di one piece ini banyak cerita yang emang bikin suasana yang serius juga tegang, ya gimana ngga? Kan ceritanya tentang bajak laut pasti ngga jauh jauh tentang bertarung untuk sebuah harta karun. Nah kalau di One Piece ini beda nya dari yang lain, si pengarang Eiichiro Oda ini selalu nyelipin momen momen lucu disaat pertarungan yang serius dan tegang (sering banget) joke joke yang isinya bener bener seger bukan joke yang picikan kaya “alah koset wc umum” bukan. Contoh nya seperti saat karakter utama Monkey D. Luffy alias Luffy sedang menyelamatkan teman nya yang di tangkap oleh agen pemerintah yang langsung di bawah perintah Pemerintah Dunia yaitu organisasi yang paling tinggi dan memegang kekuasaan penuh atas dunia. Disaat menyelamatkan teman nya itu si Luffy mendeklarasikan bahwa kelompok mereka menentang pemerintah dunia yang menjadikan kelompok mereka adalah kelompok yang berbahaya bagi dunia, disaat genting seperti itu pun ada scene yang ngelawak.  Ketika si spanda (dari World Goverment) memprovokasi luffy
Luffy: ROBIIIIIIIIIIIIIIIN, JANGAN MATI !
Spanda: HAHAHAHAHA dia bilang jangan mati, aku ingin lihat muka keputus-asaan nya dia.
Luffy: Apasih yang kau katakan? (dengan pose)


Dan juga ketika si Luffy bisa membawa kembali teman nya, dan spandam ngga mau dia lolos.



Spanda: Shoot her to death without killing her!
Sampai lo bisa cari “One piece funny moments” di youtube yang bisa sampe 40 part yang masing masing part bisa terdiri dari kurang lebih 30 menit.



2.       Penokohan

One piece memiliki penokohan yang kuat banget menurut gue, apalagi si protagonis utama Luffy. Karakter yang cetar membahana, kenapa? Dia adalah kawan yang sangat lucu untuk teman teman nya, egois, seorang kapten yang bisa di tendang bebas kepalanya oleh anggotanya tapi ketika ada yang membahayakan teman teman nya dia bakal jadi iblis yang siap ngelawan siapa aja yang membahayakan mereka tanpa takut apa konsekuensi nya meski sampai di cap Penjahat Dunia. Pokoknya kru Straw Hat Pirates/Mugiwara no Ichimi (nama kelompoknya) itu setia kawan walau di kapal kerjanya berantem satu sama lain, tapi sangat solid ketika waktunya genting. Kalau kata donnie ada band, “Walau badai menghadang, ingatlah ku kan selalu setia menjagamu…”. Ini bener banget buat SHP.



Walau badai menghadang (dalam arti sebenarnya!), walaupun dirundung masa lalu yang kelam, Luffy dkk terus maju untuk melindungi satu sama lain, nggak peduli seberat apa pun konsekuensinya. Ciri khas SHP yg penuh nilai positif ini jadi salah satu elemen terkuat dari cerita OP.

Contohnya seperti cuplikan ini saat mereka menentang pemerintah dunia:





Dihadapkan pada Pemerintah Dunia tidak sedikit pun menyurutkan tekad Luffy untuk menyelamatkan sahabatnya. You hurt my friend, you fucking pay for it!

Ataupun ketika si Luffy melawan salah satu Pembunuh Berbahaya dari pemerintah dunia yaitu Blueno.

Blueno: kejahatan yang kalian lakukan adalah kejahatan yang sangat berat, kejahatan yang belum pernah dilakukan oleh bajak laut yaitu menyerang kantor dari pemerintah dunia. Dengan apa yang kalian lakukan ini maka kalian tidak akan mempunyai masa depan.

Luffy: pemerintah dunia atau apalah, lakukan lah sesuka kalian. Aku hanya mau mengambil kembali temanku yang kalian ambil. Jadi minggirlah!

Ketika luffy bersama teman teman nya:





Ketika luffy marah:





Tapi cerita di one piece ini ngga selalu fokus di karakter utama, tokoh tokoh figuran pun mempunyai peran yang penting yang nanti bisa kembali untuk menjadi sekutu ataupun kembali menjadi lawan yang jauh lebih kuat. Gue belom ketemu karakter yang bener bener kurang berguna. Dari pihak villain ataupun penjahat beserta pihak Angkatan Laut yang berperan sebagai penegak keadilan juga masing masing mempunyai karakter dengan penokohan yang sangat kuat di masing masing aspek. Bagaimana mereka membangun koloni dan juga bagaimana masalalu dari mereka yang biasanya menjadi penyebab apa yang mereka lakukan sekarang.

3.       Narasi

Kelebihan One piece yang lain nya adalah jalan cerita yang baik dan storyline yang terencana, gue bisa bilang Oda ini orang yang bener bener jenius karena gue jarang banget nemuin adanya plot hole. Alur cerita yang bener bener udah di siapin, contoh nya si oda bisa nyambungin cerita episode sekitar mulai dari 40 sampai 60an lah cerita tentang manusia ikan bakal ada lanjutan nya di episode 520an+, ini yang gue maksud cerita berkesinambungan tadi. Alur ceritanya bener bener penuh misteri dan juga sulit buat di prediksi karena setiap tempat itu pasti banyak cerita cerita yang di sisain untuk jadi misteri yang dimana nanti bisa di nongolin lagi sama si oda jadi cerita yang lebih menarik lagi. Atau pun juga cerita yang itu bakal di kasih clue di setiap episodenya yang mau nebak juga greget greget sendiri. Ada sejarah yang selalu jadi misteri, ataupun suatu karakter yang selalu di gadang gadang dengan title yang mengerikan tapi belum pernah muncul ataupun di perkenalkan. Dari segi konflik politik dunia yang belum terkuak dan juga misteri utama dari cerita ini yaitu harta legendaris “ One Piece “


4.       Drama

Nah Kalau denger kata "drama", mungkin sebagian orang berpikir ini genre yg lebih cocok buat cewek (karena cewek lebih main perasaan ketimbang logika). Buang jauh-jauh pikiran itu. OP itu beneran tempat nya buat cowo cowo tulen buat mewek berjamaah, bukan lebay atau apapun. Coba lo nonton aja sendiri, gue ajakin om gue nonton, doi nangis, ajakin istri nya om gue nonton, nangis, ngajakin temen temen gue, nangis. Dan dari mereka yang gue ajakin nonton mereka pada ketagihan dan selalu minta download in episode paling terbarunya terus. Banyak cerita drama kaya bagaimana cerita 3 bersaudara Luffy, Ace, Sabo. Yang dimana mereka bukanlah saudara kandung tapi ikatan mereka udah kaya adik kakak kandung. Ada sesuatu yang buat mereka jadi adik kakak dari cerita yang pelik banget. Ataupun pas kejadian Kapal mereka pas rusak ngebelah di tengah lautan gue nangis bener bener, kalau lo nonton lo pasti tau kenapa mereka sangat mencintai kapal nya itu. Sekedar informasi, adegan ini dinobatkan sebagai adegan paling mengharukan di OP pada polling yg diadakan salah satu surat kabar Jepang.

5.       Opening dan ending

Untuk opening dan ending versi komik dan versi film nya beda, kalau untuk komik pasti ada 1 page opening yang nge gambarin sebuah clue dari cerita yang belum pernah diceritain atau pun request gambar dari penggemar dan ngga ada ending page untuk di komik. Di opening komik ini misal ada cerita plothole yang memang sengaja ngga di ceritain, dan ternyata si oda ini ngasih clue dikit demi sedikit buat memperjelas ceritanya. Misteri lagi.

Untuk versi film untung nya adalah setiap lagu yang dipilih seharusnya sesuai dengan suasana episode tersebut, misal tentang Arc Perang besar marineford pasti opening nya nge gambarin tentang inti cerita dari arc tersebut dan lirik nya juga nyambung nyambung. Bedanya dengan versi komik di versi film ini lo bisa ngerasain feel nya lebih dalem lagi.

6.       World Building

Yang di maksud dengan world building ini adalah si pengarang bisa membuat dunia nya sendiri dengan kondisi geografis, kondisi alam, budaya maupun yang lain nya berbeda dengan kondisi dunia kita sekarang. Contoh seperti denah peta dan tempat tempat Middle Earth nya The Lord of The Ring, itu yang gue maksud dunia yang berbeda dan berdiri sendiri.

Dari sini Eiichiro Oda (pengarang) bisa mengembangkan imajinasinya sesuka hati untuk membentuk sebuah dunia yang penuh fantasi. Mulai dari buah iblis yang merupakan sebuah buah yang dimana menjadi manifestasi dari sebuah iblis yang di kutuk oleh lautan buah yang bisa memberikan kekuatan bervariasi dari jenis buah nya tapi mempunyai kelemahan akan tidak berkutik ketika tersentuh air laut ataupun tenggelam merupakan kutukan dari memakan buah iblis tersebut, Grand Line merupakan sebuah lautan yang sangat berbahaya berbeda dengan 4 lautan lain nya yang dimana banyak fenomena aneh ataupun ketidak kemungkinan navigasi, Sea King adalah ikan ikan laut yang bertubuh sangat besar melebihi ukuran dari sebuah pulau yang merupakan para penguhi lautan grand line, Skypiea yakni pulau yang berada di atas ketinggian 10.000 meter dari laut karena suatu fenomena alam yang alami yang menyebabkan pulau tersebut terbang, pulau bawah air merupakan pulau yang ditempati para manusia ikan yang berada di kedalaman 10.000 meter, laut tak berangin merupakan pembatas laut grand line dengan ke 4 laut lain nya, haki kalau di dunia kita itu disebut nya tenaga dalam seperti gunain tenaga dalam untuk mengeraskan tubuh atau aura kepemimpinan yang dapat mengintimidasi semua orang menjadi segan bahkan pingsan, ras unik seperti raksasa, fishmen, & kurcaci, Knock Up Stream yang membawa pulau Jaya ke langit, hingga pelangi bundar, semuanya ada. Pembaca begitu dimanjakan oleh kemungkinan2 di dunia OP yang tanpa batas.

                                                               Ilustrasi untuk buah setan:

                


                  

Buah Iblis, salah satu konsep original yang dimasukkan Oda ke dalam dunia OP.

Selain terinspirasi dari legenda/mitos/cerita fiksi lain, Oda juga menggunakan landmark, literatur, fakta sejarah, dan berbagai informasi dari dunia nyata sebagai referensi. Salah satunya adalah kota air Water Seven yang terinspirasi dari kota air Venice di Italia.

Salah satu landmark terindah di Grand Line : Water Capital, Water Seven.

Oda juga membuat karakter berdasarkan tokoh tokoh terkenal seperti eminem ataupun yang lain nya.



Yang paling hebat lagi, meskipun dunianya sangat luas Oda gak pernah sekalipun lost track atas semua yg udah dia ciptakan. Di sini semua hal saling terhubung satu sama lain, baik itu tokoh, pulau, negara, musim, maupun situasi politiknya. Dunia OP serasa bener2 berputar dan terus berubah seiring waktu, bahkan kita bisa ngerasain ada perubahan zaman seperti layaknya di dunia nyata

7.       Artwork

One Piece artwork mungkin sedikit beda dengan komik komik yang lain kaya contohnya pas karakter one piece itu marah entah siapapun pasti giginya jadi tajem dan juga tingkat kedetilan yang tinggi pada versi komiknya. Dari mulai goresan mata ataupun mau menunjukan titik gelap wajah, keringat, ataupun ekspresi ketika marah dan menantang. Bener bener detil kalau gambarin tempat dari kayunya, laut nya, batu, apapun coba bisa lo liat.







8.       Pesan Moral

Banyak pesan moral disampaikan melalui cerita One Piece, terutama tentang pentingnya menjaga kesetiakawanan dan semangat pantang menyerah dalam mengejar impian. Bener bener dalem makna nya. Dari awal pun udah di kasih konsep yang berisikan pesan tersirat. Lo bakal dapetin suasana yang menggebu gebu ketika di scene yang nunjukin eksekusi dari Raja Bajak Laut yang paling di takutin Gol D Roger, banget.

“Semangat yang di wariskan, impian manusia, dan aliran dari waktu adalah sesuatu yang tidak akan berhenti. Selama orang orang terus mencari makna dari kebebasan maka orang tersebut tidak akan berhenti” Gold D. Roger di opening ke 2. Yang dimana juga isi dari clip tersebut sangat nyambung dengan suasana yang sedang terjadi dan juga coba lo liat lirik nya.

Contohnya juga ketika episode tentang si luffy mencari dokter untuk bergabung di perjalanan nya, ada sebuah quotes menarik yang bener bener parah. Sebuah ungkapan suci dari seorang dokter yang mencitai negaranya.

Dr Hiluluk - "When do you think people die? when they are shot through the theart by the bullet of a pistol? no. when they are ravaged by an incurable disease? No. when they drink a soup made from a poisonous mushroom !? NO!! it's when they are forgotten.."



Dr Hiluluk adalah dokter yang di anggap gadungan yang ingin menumbuhkan bunga sakura di sebuah pulau musim dingin yang SELALU bersalju, mustahil. Tapi dengan kegigihan nya dengan penelitian sana sini dia membuat sebuah racikan yang dimana dia bisa memekarkan sakura di pulau musim dingin yang juga menerangi seluruh pulau dengan keindahan sakuranya.

true story alamin gara gara nyontoh karakter karakter tersebut. Pada semester 4 gue bisa milih peminatan kuliah gue kaya konsentrasi gitu. Nah penjurusan yang paling diminatin itu ada ERP untuk jurusan gue dari 5 peminatan. Nah ERP itu 1 angkatan Cuma 60-70 orang 1 kelas, bersaing dengan ribuan orang dari jurusan gue untuk rebutin 70 kursi kasarnya susah bukan? Pasti ada syaratnya, ipk 3.25 dan ada 4 matakuliah yang berbobot 4 SKS dan 6 SKS yang harus A. Sedangkan ips gue semester 1 itu 2.1 doang ya gue mulai kuliah gue dengan ipk 2.1! Gue mau masuk situ, gue di cemooh “ah orang kaya lo aja mau masuk situ” “mana bisa masuk situ ipk lo segitu lo minimal harus 3,5 atau diatasnya mau masuk” dan alhamdulillah gue bisa masuk karena gue semester 2 dapetin ips 3,8 dan semester 3 juga di atas 3.


9.       Musik

Untuk versi film nya lo bakal liat musik musik yang mendukung suasana dari cerita seperti drama, konflik, pertempuran dan lain lain yang dibungkus sangat epic banget. Ada yang di ambil dari orkestra maupun musik yang sengaja dibuat untuk opening one piece yang berjudul We Are! Untuk opening one piece yang pertama dan juga ketika memasuki episode Dunia Baru yaitu We Go! Yang juga penyanyi nya sama, musik yang sangat megah.


10.   ONGOING

Untuk beberapa orang mungkin cerita yang ngga abis abis membosankan kaya TUKANG BUBUR NAIK HAJI yang ceritanya kemana, tokoh utama nya udah menyelesaikan misi dari judulnya bahkan tokoh utamanya udah meninggal tapi tetep aja lanjut. Tapi walaupun cerita one piece masih panjang bisa di akuin ngga ada cerita yang dibuat terlalu jauh dari cerita asli nya untuk petualangan mereka. Walaupun ada beberapa filler ataupun movie tambahan yang mungkin agak melenceng seperti games yang dilakukan Foxy itu bisa dianggep sebagai petualangan mereka di lautan. Yang penting di One Piece itu ngga ada flashback yang berlebihan. Semua pas di porsi nya, ngga semua sih. Cuma ada 1 part yang diulang. Pas semua kru di pisahin karena suatu insiden maka nanti ada episode flashback dimana cerita dari masing masing kru sebelum bergabung dengan luffy. Cuma itu doang sih. Tapi yang penting cerita one piece ini masih berjalan dan masih banyak misteri yang belom terpecahkan. Walaupun konon setelah 1 dekade lewat one piece masih belum mencapai 3/5 jalan tapi ceritanya masih layak ditunggu. Karena masih banyak banget misteri yang belom kelar.

Itulah kelebihan yang gue temukan setelah gue “kecebur” di dunia one piece. Emang selera sih untuk suka ini itu. Tapi ini gue saranin buat lo yang suka petualangan ataupun hal hal baru. Bukan karena anime tapi karena cerita nya yang berbobot, dari pada lo nonton sinetron gajelas ataupun ftv yang udah ketauan ceritanya gimana. Mending lo nonton atau baca cerita kaya gini ataupun lord of the ring, narnia ataupun yang lain. Ya dengan batasan itu hanya cerita yang buat ngebuka imajinasi lo, bukan ngejadiin lo orang freak yang pengen dunia lo seperti itu, Ada aja ciprik yang kaya gitu ngga paham gue. Banyak pesan yang bisa diambil dan di terapkan di dunia nyata.

11. Voice Actor

Untuk voice actor di one piece ini jangan lo ragukan, mereka bener bener orang yang paham gimana cara nya "dubbing" dan "menghayati karakter dan situasi" serius mereka jago nya. Emosi loo bakal dibuat goyah dengan cara mereka memeran kan suara orang nangis, orang ketawa, memprovokasi, ataupun suasana perang. Nangis yang bukan sekedar nangis, ketawa yang keliatan natural, suara dubbing yang tidak dibuat buat pokoknya gimana mereka dubbing ya gimana mereka bicara seperti biasa, untuk suara monster monster gitu yang emang dibutuhkan suara khusus baru mereka buat suara yang sesuai dengan karakter khusus tersebut.

Gak percaya? Cobain deh. Cerita ada karena pengalaman, legenda ada berdasarkan kejadian tidak biasa yang hanya di saksikan beberapa orang, mereka ngga bisa percaya legenda karena ngga bisa ngeliat kejadian itu sendiri.

0 Komentar

Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript